Rabu, 01 April 2015

Membuat Permainan Sederhana


Ini adalah tutorial saya tentang membuat game secara sederhana. Kali ini saya akan mencoba untuk menggunakan Multimedia Fusion Developer 2 sebagai media pembuatan game.
Langkah pertama kita buka aplikasi Fusion Developer 2



Lalu kita buka menu view -> pilih Toolbars -> Library Window  yang bertujuan untuk menampilkan Menu Library pada File Explorer

Setelah itu kita buka projek baru dengan pilih menu File -> New , maka akan tampak seperti pada layar

 Selanjutnya kita pilih kotak pada angka 1. Maka akan menampilkan tampilan seperti pada gambar



Lalu kita dapat menggunakan menu tutorials yang berada pada sisi kiri bawah layar dan kita dapat memiih ChocoBreak Tutorial sebagai game yang akan kita buat.


Selanjutnya kita pilih picture Sky sebagai background pada permainan yang kita buat. Lalu drag gambar Sky menuju ke layar kosong yang telah kita buat.



Lalu kita akan membuat Player sebagai karakter utama dalam permainan ini. Dengan memilih Player yang berada di file yang sama dengan Sky. Lalu tekan karakter tersebut ke dalam layar utama permainan.Dan kita dapat menggunakan bola sebagai acuan untuk memperoleh angka dalam permainan atau biasa disebut dengan score.Selanjutnya kita dapat memilih objek tembak untuk dapat memperoleh score dengan memilih gambar Pistachio.




Maka hasil objek yang kita pilih akan tampak seperti pada layar


Setelah itu kita dapat mencoba melihat pergerakan karakter Player dengan cara klik gambar Player lalu tekan Play yang berada pada sisi kanan layar. Maka akan tampak animasi pergerakan gambar.




Setelah itu kita dapat melakukan pergerakan animasi Player dengan memilih optional Properties Player yang berada pada sisi kiri layar. Lalu pilih Movement -> Type . lalu kita dapat mengubah pergerakan karakter Player dengan menggunakan Mouse Controlled. Setelah itu kita akan mengubah arah pergerakan karakter Player dengan Edit Movement -> Edit . lalu kita ubah pergerakan karakter Player ke kanan dan kiri dengan mengubah area gerakan si karakter, lalu tekan OK






Setelah itu kita akan memberikan gerakan pada BallGolden dengan cara klik BallGolden. Lalu ubah Type menjadi Bounching Ball . lalu kita ubah Initial Direction, klik lingkaran yang berada di sisi kiri agar tampilan lingkaran menjadi kosong. Lalu kita pilih arah pantulan BallGolden.



Dan untuk memperbanyak jumlah Pistachio, kita bisa klik gambar pistachio, lalu tekan Duplicate Object. Lalu kita ubah Rows dan Coloumn sesuai dengan yang kita inginkan.



Lalu kita akan menambahkan Kondisi pada setiap objek dan karakter dalam permainan dengan cara tekan menu yang berada di bagian bawah Window





Lalu kita pilih New Condition  dan kita bisa memberikan kondisi pada setiap objek seperti Objek Player,GoldenBall dan Pistachio. Selanjutnya kita klik New Condition , lalu kita pilih GoldenBall  .Pilih Collision -> Another Object, lalu kita pilih karakter Player tekan OK. Maka akan terlihat tampilan Kondisi GoldenBall terhadap Objek Player.



Selanjutnya kita dapat mengklik kotak putih yang berada di bawah objek GoldenBall. Lalu pilih Movement -> Bounce agar GoldenBall dapat memantul saat menyentuh objek player
Lalu kita dapat menggunakan kondisi yang berbeda apabila GoldenBall menyentuh objek pistachio dengan menambahkan kondisi dimana akan memantul bila menyentuh Pistachio dan Pistachio pun akan hancur bila menyentuh GoldenBall





Dan untuk membuat angka score, kita dapat menambahkan score dengan cara klik kotak kosong -> Score -> Add To Score.Maka kita dapat mengatur angka score yang diperoleh, lalu tekan OK.Setelah itu kita tambahkan Score pada papan permainan dengan cara klik kanan pada background -> Insert Object. Lalu kita pilih Games dan pilih Score -> OK, dan kita dapat mengatur letak dan ukuran score tersebut.








Setelah itu kita buat kondisi dimana GoldenBall akan kembali ke bagian tengah layar, apabila GoldenBall tidak berhasil dipantulkan oleh player. Dengan cara New Condition -> GoldenBall -> Position Test position of “GoldenBall” . maka akan menampilkan arah-arah kondisi yang dapat dilakukan oleh GoldenBall. Lalu kita pilih bagian arah bawah -> OK.





Lalu kita lakukan hal yang sama pada GoldenBall dengan mengkondisikan GoldenBall pada Destroy. Dan kita dapat menambahkan kondisi posisi GoldenBall dengan New Object pada Kondisi yang bersamaan. Lalu klik kotak kosong -> Create Object. Pilih GoldenBall  -> OK. Setelah itu kita dapat meletakkan posisi awal GoldenBall apabila tidak berhasil dipantulkan oleh player.






 Dan untuk menjalankan Aplikasi permainan, kita dapat menggunakan F9 pada keyboard atau pilih menu Run -> Application . Maka kita dapat menjalankan permainan kita buat.



Daftar Pustaka : https://www.youtube.com/watch?v=9AAQneDyDOc








Tidak ada komentar:

Posting Komentar