Minggu, 12 Juni 2016



Tugas Softskill : Pengantar Komputasi Modern
Dosen             : Siti Saidah,Skom.,MMSI

Nama : Agung Dwi P.N
NPM   : 50412347
Kelas  : 4IA09


Pada pertemuan kali ini, saya akan mencoba menceritakan suka-duka saya dalam proses pengerjaan Penulisan Ilmiah(PI). Penulisan Ilmiah atau PI adalah sebuah program yang diadakan Universitas Gunadarma atau istilah lainnya adalah magang untuk mahasiswa semester 6. Prediksi saya dalam mengerjakan Penulisan Ilmiah bisa dibilang cepat, namun dalam kenyataannya sangat lama untuk mengerjakan Penulisan Ilmiah ini. Mulai dari menentukan judul apa yang akan kita buat, aplikasi, proses penulisannya, dosen pembimbing dan hal lainnya.
Dalam menentukan judul Penulisan ilmiah, saya butuh waktu sekitar 3 minggu hanya untuk judulnya saja. Belum lagi merancang bab 1 yang cukup rumit. Hingga saya biarkan penulisan saya sampai semester 7. Di semester ini saya coba untuk mencicil sedikit demi sedikit konsep penulisan saya. Judul yang saya gunakan adalah “Mencocokkan data citra dari webcam dengan database & menentukan galat kemiripannya”. Saya menggunakan aplikasi Matlab untuk proses pengerjaannya. Mempelajari pengolahan citra yang diajarkan dalam proses perkuliahan membuat saya memiliki ide untuk membuat aplikasi ini. 

 
Menyamakan gambar yang diproses dari webcam dan mencari data yang sama dalam database merupakan ide yang cukup menarik. memungkinkan untuk diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari seperti pengamanan dalam sistem parkir yang dapat menyamakan foto plat nomor kendaraan yang masuk ke dalam sebuah wilayah parkir sebuah kantor sebagai sistem keamanan. Dan juga dalam halnya sistem absensi karyawan yang menggunakan wajahnya sebagai data untuk absensi secara digital.
 Namun butuh banyak data yang digunakan dan saya membutuhkan maksimal 20 contoh foto yang disimpan dalam database yang telah saya buat. Ada beberapa metode yang digunakan dalam proses pengolahan citra. Seperti black and white, grayscale, smart noise, negative,blur dan masih banyak lagi. Mungkin metode ini biasa kita lihat dalam pengaturan kamera handphone sebagai efek yang diberikan pada gambar atau foto. Dan ada juga metode lain untuk pengenalan wajah seperti :

  • -   Metode Euclidean yang menggunakan fungsi jarak dalam proses pengenalan wajah.

  • -      Metode PCA(Principal Component Analysis) yang mengidentifikasi pola data dan kemudian mengekspresikan data tersebut ke bentuk lain.  

  • -      Metode Eigenface adalah kumpulan dari eigen vektor yang berasal dari kovarian matrik dengan distribusi acak pada citra wajah dimensi tinggi. yang prosesnya mengecek satu per satu foto hingga akhir foto dalam database dan mulai menyamakan nilai vektor wajah tersebut.

Dalam proses ini saya menggunakan metode Eigenface yang terlihat lebih mudah.dan lagi  cukup membutuhkan waktu banyak dalam proses pengerjaannya. Dan penulisan ilmiah saya tertunda lagi hingga semester 8. Pada akhirnya saya mengikuti sebuah kursus di salahsatu lembaga untuk membantu mempercepat aplikasi yang saya buat. Dalam proses pembuatannya cukup cepat namun kembali hambatan penulisan dan tuga yang cukup banyak menyita waktu saya. 
 Dan akhirnya aplikasi saya selesai dan penulisannya pun sudah hampir selesai. Sebenarnya membuat Penulisan Ilmiah adalah hal yang tidak sulit apabila kita mengerjakannya. Namun karena saya kurang begitu fokus dengan Penulisan Ilmiah saya ini, akhirnya pun tertunda lagi dan lagi. Namun diproses pengerjaan penulisan ilmiah tersebut, saya mendapatkan beberapa informasi yang cukup menarik dan dalam implementasi yang telah ada. Proses pengolahan citra digital sudah banyak digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Dan juga memiliki banyak manfaat yang telah dirasakan dalam bidang keamanan, teknologi dalam fitur kamera, efek visual pada industri film, dan masih banyak lagi. 
untuk pengalaman menariknya dalam pembuatan Penulisan Ilmiah ini, saya menjadi lebih tahu tentang informasi mengenai pengolahan citra yang telah saya pelajari. berikut dengan manfaat dan berbagai kegunaan lainnya. untuk pengalaman buruknya adalah lamanya waktu proses pengerjaan Penulisan Ilmiah yang saya tunda-tunda sehingga cukup membuang banyak waktu saya. sekian pengalaman saya untuk proses pembuatan Penulisan Ilmiah yang saya lakukan. semoga ada manfaatnya. terima kasih :D 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar