Selasa, 22 Maret 2016


Contoh Website yang Menggunakan Komputasi Modern

Pengertian Komputasi Modern

Komputasi modern adalah sebuah konsep sistem yang menerima intruksi-intruksi dan menyimpannya dalam sebuah memori, memori disini bisa juga dari memori komputer. Oleh karena pada saat ini kita melakukan komputasi menggunakan komputer maka bisa dibilang komputer merupakan sebuah komputasi modern. Konsep ini pertama kali digagasi oleh John Von Neumann (1903-1957). Beliau adalah ilmuan yang meletakkan dasar-dasar komputer modern. Von Neumann telah menjadi ilmuwan besar abad 21. Von Neumann memberikan berbagai sumbangsih dalam bidang matematika, teori kuantum, teori game, fisika nuklir, dan ilmu komputer yang di salurkan melalui karya-karyanya . Beliau juga merupakan salah satu ilmuwan yang terkait dalam pembuatan bom atom di Los Alamos pada Perang Dunia II lalu. Kegeniusannya dalam matematika telah terlihat semenjak kecil dengan mampu melakukan pembagian bilangan delapan digit (angka) di dalam kepalanya.

Dalam kerjanya komputasi modern menghitung dan mencari solusi dari masalah yang ada, dan perhitungan yang dilakukan itu meliputi:

·        1. Akurasi (Big, Floating point)
·        2. Kecepatan (dalam satuan Hz)
·        3. Problem Volume Besar (Down Sizzing atau pararel)
·        4. Modeling (NN & GA)
·        5. Kompleksitas (Menggunakan Teori Big O)


Komputasi modern terbagi tiga macam, yaitu komputasi mobile (bergerak), komputasi grid, dan komputasi cloud (awan). Penjelasan lebih lanjut dari jenis-jenis komputasi modern sebagai berikut:


1. Mobile Computing

Mobile computing atau komputasi bergerak memiliki beberapa penjelasan, salah satunya komputasi bergerak merupakan kemajuan teknologi komputer sehingga dapat berkomunikasi menggunakan jaringan tanpa menggunakan kabel dan mudah dibawa atau berpindah tempat, tetapi berbeda dengan komputasi nirkabel. Contoh dari perangkat komputasi bergerak seperti GPS, juga tipe dari komputasi bergerak seperti smartphone, dan lain sebagainya.

Di bawah ini merupakan gambar dari sistem Mobile Computing : 



2. Grid Computing

Komputasi grid menggunakan komputer yang terpisah oleh geografis, didistibusikan dan terhubung oleh jaringan untuk menyelasaikan masalah komputasi skala besar. Ada beberapa daftar yang dapat digunakan untuk mengenali sistem komputasi grid, adalah:


·        A. Sistem untuk koordinat sumber daya komputasi tidak dibawah kendali pusat.
·        B. Sistem menggunakan standard dan protocol yang terbuka.
·     C. Sistem mencoba mencapai kualitas pelayanan yang canggih, yang lebih baik diatas kualitas komponen individu pelayanan komputasi grid. 
a      Di bawah ini merupakan gambar dari sistem Grid Computing :




3. Cloud Computing

      Komputasi cloud merupakan gaya komputasi yang terukur dinamis dan sumber daya virtual yang sering menyediakan layanan melalui internet. Komputasi cloud menggambarkan pelengkap baru, konsumsi dan layanan IT berbasis model dalam internet, dan biasanya melibatkan ketentuan dari keterukuran dinamis dan sumber daya virtual yang sering menyediakan layanan melalui internet.

Di bawah ini merupakan gambar dari sistem Cloud Computing





Di zaman yang semakin maju, penerapan komputasi modern telah banyak digunakan diberbagai bidang, salah satunya dalam bidang jasa pengantar dan pengiriman barang berbasis online. Dalam hal ini, saya akan mencoba membahas penerapan komputasi modern pada website resmi dari perusahaan GO-JEK. Untuk dapat melihat website tersebut, kita dapat membuka link http://www.go-jek.com/ . sehingga kita dapat melihat halaman utama dari website perusahaan tersebut 





Pada menu JOIN kita dapat melihat halaman JOIN yang bertujuan untuk mengundang para user untuk bergabung sebagai driver dari perusahaan GO-JEK. Dan di halaman tersebut dapat dilihat persyaratan utama untuk calon driver yang akan bergabung sebagai driver GO-JEK. Dan di halaman ini juga terlihat beberapa nama kota yang dapat dikunjungi oleh para calon driver.




Halaman FAQ( Frequently Asked Quenstion) bertujuan untuk user untuk memberikan informasi menyangkut GO-JEK. Mulai dari apa itu GO-JEK hingga cara untuk melakukan kegiatan jasa atau pengantaran barang.





Pada halaman VIDEO, kita dapat melihat beberapa hasil video yang ditampilkan oleh perusahaan GO-JEK. Menu VIDEO ini bertujuan untuk menampilkan promosi produk, beberapa pengalaman driver GO-JEK hingga video komedi untuk GO-JEK. 





Pada halaman BLOG terlihat beberapa promo yang telah dikeluarkan oleh perusahaan GO-JEK untuk menarik perhatian pelanggan.





Pada menu DOWNLOAD. Kita dapat mengunduh aplikasi GO-JEK di app store untuk smartphone berbasis iOS dan Google Play Store untuk smartphone berbasis Android 




Cara Pesan GO-JEK untuk melakukan order

Cara memesan jasa GO-JEK untuk berbagai keperluan, kita dapat melakukan pemesanan dengan aplikasi yang telah di download dalam smartphone. Berikut cara pesan GO-JEK untuk pemesanan ojek.

1.       Masuk aplikasi gojek -> pilih menu GO-RIDE






Selanjutnya akan terlihat tampilan berikut ini



1.       Kemudian isi Location dan Location Details pada alamat asal (From) dan Location pada alamat tujuan (TO). Untuk Location Details pada alamat asal isi dengan jelas agar pengemudi ojek mudah menentukan lokasi dimana tempat bertemu antara pengemudi gojek dengan pelanggan. Beri keterangan pada pengisian alamat dengan jelas 




1.     Setelah alamat asal dan alamat tujuan diisi, maka pilih menu NEXT yang berada di bawah, maka akan keluar tampilan yang menunjukan ringkasan alamat asal, alamat tujuan serta biaya yang akan dikeluarkan untuk pelanggan. 



1.     Setelah melihat rekap alamat asal,tujuan dan biayanya. Maka pelanggan dapat memilih cara membayar dengan Cash atau Credit Gojek.


1.     Setelah itu, pilih ORDER. Maka aplikasi akan meneruskan kepada GO-JEK untuk mencarikan pengemudi gojek yang terdekat dengan pelanggan, tunggu beberapa menit akan ada yang menelpon untuk konfirmasi lebih lanjut. 

Kesimpulan :
Pada website GO-JEK belum termasuk ke dalam penerapan komputasi modern. Namun perusahaan GO-JEK melakukan layanan pemesanan secara online dengan menggunakan aplikasi pada smartphone. User dapat melakukan memesan jasa antar pelanggan, antar barang tanpa harus mencari pengemudi ojek atau keluar rumah. Proses pelayanan dilakukan oleh tenaga komputer yang berada di kantor perusahaan GO-JEK, lalu pesanan akan diteruskan kepada pengemudi gojek yang berada dekat dengan lokasi pelanggan.

Kelebihan yang ada pada website ini adalah akses kepada calon pengemudi gojek yang akan melakukan pendaftaran ke perusahaan GO-JEK lebih mudah. Karena dalam website, telah tertera syarat-syarat utama untuk calon pengemudi gojek. Kelebihan bagi pelanggan adalah adanya informasi beberapa promosi perusahaan yang dapat digunakan oleh pelanggan. Dan terdapat pilihan selain antar pelanggan dan juga berbagai macam barang.
Untuk tampilan website ini sangat menarik, informasi yang diberikan oleh perusahaan kepada calon pengemudi gojek maupun pelanggan dapat dijelaskan dengan baik.

Kekurangan
Dalam kekurangan website mungkin hampir tidak ada. Hanya lokasi untuk calon pengemudi gojek diluar pulau jawa yang masih sangat sedikit. Untuk kekurangan aplikasi dirasa tidak ada kendala sama sekali.

Demikian adanya penerapan komputasi modern pada website dan aplikasi perusahaan GO-JEK yang sangat membantu pelanggan untuk bepergian dan mengantarkan barang ke sejumlah tempat yang pelanggan inginkan.

Agung D.P.N









Tidak ada komentar:

Posting Komentar